Sunday, May 22, 2011

1O CARA MAKAN YANG SALAH


1. Makan Terlalu Cepat Makan terlalu cepat dapat mengakibatkan suatu masalah pada perut anda. Anda menekan udara terlalu berlebihan, sehingga dapat mengakibatkan perut kembung. Anda juga kemungkinan tidak akan mengunyah dengan sempurna, hanya air liur yang menghancurka…n makanan. Kebiasaan ini menyebabkan kerja keras saluran pencernaan yang kemudian menjadi salah satu pemicu terjadinya gangguan pencernaan. Makan cepat tidak memberikan otak cukup waktu untuk mengejar makanan ke perut. Kebiasaan ini akhirnya dapat meningkatkan berat badan anda. Setidaknya dibutuhkan 20 menit untuk memperoleh pesan bahwa perut sudah kenyang.

2. Mengabaikan Sarapan Pagi Tidak sarapan pagi dapat mengakibatkan ketidaknyamanan saat anda menyogsong pagi serta akan membutuhkan makanan berlebih di siang hari. Gula darah biasanya menurun pada malam hari, sehingga otak anda terasa hampa hingga anda mengkonsumsi sarapan. Sejumlah penelitian menjabarkan bahwa kecakapan dan memori otak meningkat di pagi hari. Riset baru juga menunjukkan sarapan pagi cenderung memberikan lebih banyak kalori sepanjang hari dibandingkan mereka yang mengabaikannya. Sarapan pagi benar-benar membantu anda memperoleh dan menjaga berat badan. Sarapan pagi yang teratur memastikan anda memiliki kalori yang cukup untuk melakukan segala kegiatan hingga siang hari.

3. Kebiasaan Makan di Malam Hari Metabolisme melemah dan pembakaran lebih lambat pada malam hari. Jika anda terlalu banyak makan di malam hari, tubuh akan bekerja lebih keras untuk menyerap nutrisi dibandingkan kebutuhan normal. Disamping itu juga akan membangunkan organ pencernaan, walaupun anda tertidur namun organ pencernaan akan melek sepanjang malam, sehingga mengakibatkan kerja keras organ ini keesokan harinya. Makan sebelum tidur merupakan kebiasaan buruk. Jika anda tidak dapat menghilangkan kebiasaan ini sebaiknya anda cukup mengkonsumsi makanan kecil, buah-buahan atau sayuran segar.

4. Kecanduan Kopi Sejumlah ilmuwan dari Johns Hopkins Medical School belum lama ini melaporkan bahwa orang yang minum kopi lebih dari lima cangkir sehari, hampir tiga kali lipat kemungkinan terserang penyakit jantung dibandingkan yang tidak minum kopi sama sekali. Penelitian lain yang dilakukan di Belanda juga menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsunsi kopi terlalu banyak dapat mengakibatkan masalah pada kesuburannya. Sejumlah riset juga membabarkan bahwa kopi merangsang produksi gastrin yang dapat merangsang hiperplasia pankreas dan neoplasia. Minum kopi lebih dari tiga cangkir sehari dapat mengakibatkan kanker pankreas. Solusinya hanya dengan mengurangi atau menghilangkan sama sekali kebiasaan minum kopi berlebih.

5. Kegemaran Mengkonsumsi Makanan Manis Diabetes merupakan efek samping yang paling buruk akibat mengkonsumsi gula terlalu banyak. Obesitas juga seringkali menyerang karena kebiasaan kita mengkonsumsi gula terlalu rakus. Orang menjadi gemuk bukan karena kandungan kalori pada gula, namun karena gula memiliki kapasitas untuk mempengaruhi keseimbangan hormon anda. Meningkatnya napsu makan dan jaringan lemak dapat mengakibatkan meningkatnya lemak tubuh. Konsumsilah gula secukupnya atau temukan gula yang rendah kalori untuk menghindari hal-hal tersebut.

6. Merokok Setelah Makanan Merokok sangat berbahaya bagi kesehatan anda setiap saat. Bahkan ketika anda merokok setelah makan. Sejumlah penelitian dari para ilmuwan membuktikan bahwa merokok setelah makan sebanding dengan merokok sepuluh batang (Kemungkinan terserang kanker lebih besar). Hilangkanlah kebiasaan anda merokok setelah makan.

7. Makan Berlebih di Akhir Pekan Saat berhasil mempertahankan diet seimbang sepanjang minggu, orang cenderung membanggakan dirinya dengan berlebihan. Akibatnya, mereka akan cenderung menambahkan lebih banyak kalori untuk diet mereka di akhir pekan. Ini sama sekali bukan hal yang baik jika ingin menjaga kesehatan dengan sempurna. Cobalah kendalikan napsu makan anda di akhir pekan.

8. Mengkonsumsi Makanan Mentah Terlalu Banyak Saat ini makanan mentah sangat populer. Banyak orang sukes dengan kebiasaan ini. Sebenarnya jika anda mengkonsumsi makanan dan sayuran mentah terlalu banyak, kesehatan anda akan dipengaruhi bakteri yang terdapat dalam makanan tersebut. Memasak dan mengolah makanan dengan tepat akan membunuh kuman serta bakteri yang terkandung di dalamnya. Kurangilah mengkonsumsi makanan-makanan seperti ini.

9. Makan Lebih Banyak Saat Hati Kurang Nyaman Fakta menunjukkan bahwa kebanyakan orang cenderung makan lebih banyak saat hati mereka kurang nyaman. Banyak orang mengkonsumsi karbohidrat dan kalori berlebih saat hati mereka kurang tenang atau dalam situasi tertekan. Jika anda dalam suasana hati seperti ini konsumsilah makanan sehat secukupnya dan pertahankan kebiasaan hidup yang lebih sehat.

10. Tidak Minum Cukup Air Tahukah anda, saat anda haus anda sudah mengalami dehidrasi? Air adalah kebutuhan tubuh kedua setelah oksigen. Namun banyak diantara kita mengabaikan waktu untuk minum air sehingga mengalami dehidrasi ringan sepanjang hari. Dehidrasi membuat kita merasa lapar dan lelah. Setelah makan konsumsilah air secukupnya. Bawalah sebotol air dan minumlah sesuai kebutuhan tubuh. Minum air secukupnya dapat menghindarkan anda dari dehidrasi dan membantu anda mengendalikan napsu makan serta menurunkan berat badan.

Sumber: Secret China

No comments:

Post a Comment